Free Guy di Disney+Hotstar: Surat Cinta Sih Ini!

Free Guy film barunya Ryan Reynolds yang beberapa bulan lalu sangat saya tunggu untuk bertemu di bioskop, ternyata jodohnya bertemu layar di Disney+Hotstar. Saya menyaksikan film ini minggu lalu. Kisah yang ternyata akhirnya punya kisah yang seuwu-uwu itu. Konfliknya sih hanya perebutan hak intelektual atas kode program ciptaan Milly dan Keyz yang dicuri oleh Antoine; bos besar Soonami. Soonami sendiri adalah perusahaan yang merilis permainan Free Guy, permainan yang diyakini Milly Rusk menggunakan kode programnya untuk mengembangkan game tersebut. 


 

Di lain sisi, Keyz alias Joe Keery malah menjadi pegawai Soonami bawahannya Antoine. Meskipun akhirnya keberadaan dia di perusahaan itu yang menjadi kunci menuju bukti pencurian kode yang dilakukan Antoine. Sedangkan Guy hanya sebuah karakter di game yang menggunakan kode program dan ditambah kode AI yang dibuat oleh Milly dilengkapi dengan segala hal yang di dunia asli disukai oleh Milly. Keyz yang melakukan itu di dalam tim, dia yang menambahkan tipe perempuan yang disukai oleh Guy.

Bingung juga menjelaskan hal tersebut karena bahasanya ada di luar kamus kepalaku. Pokoknya Keyz yang kerja di Soonami, menyelipkan segala yang disukai Milly kepada hanya satu karakter Guy. Pada awalnya Guy hanya sebagai karakter tambahan dalam area permainan, malah punya kemampuan seperti karakter yang dimainkan oleh orang sungguhan. AI yang terpasang pada Guy aktif dengan sendirinya karena bersua dengan Molotovgirl yang dimainkan Milly.

Non Player Character yang biasanya jadi korban tempat para player untuk mendapatkan poin, akhirnya malah mempunyai kepintaran yang disadarkan oleh Guy dan Molotovgirl. Kejadian ini membuat rating permainan Free City akhirnya menurun. Terlebih seluruh yag dilakukan oleh Guy malah menjadikan dia idola tersendiri di kalangan pemain Free City. 


Jadilah si Guy ini menjadi kunci utama menemukan area kode program Milly-Keyz yang disembunyikan di pinggir area permainan. Nah, serunya itu saat si Antoine mengetahui kalau Milly-Keyz sudah pelan-pelan mengetahui faktanya. Susah kalau menceritakannya itu. Sementara Milly-Keys dan juga dibantu Guy berusaha menemukan bukti pencurian itu, Antoine malah berusaha untuk me-reboot game mereka yang malah menghancurkan pamor Free City dan calon penggantinya Free City 2.

Untuk cerita, lebih baik kalian tonton di aplikasi streaming Disney+Hotstar. Tapi aku melirik tentang hubungan superior-inferior di sana. NPC sudah disetting untuk ketakutan, dirampok, dijahati, dan lainnya oleh para player. Singkatnya NPC harus tunduk pada player. Ternyata terselip AI yang membuat para NPC punya pemimpin untuk lepas dari inferioritas mereka dalam game. Bahkan mereka bisa membuat keinginannya di sana. Itu juga terjadi saat mereka sepakat untuk seiya sekata. Ya udah, kalian pahamlah ujungnya kalau kalian pintar.

Aku dibuat iri oleh akhir dari film ini. Ternyata karakter Guy itu Cuma sebatas surat cinta Keyz untuk Milly. Cinta yang lama terpendam harus disadarkan karakter game dulu untuk bisa berbalas. Aku sama dia yang punya latar yang berbeda, gimana bisa jadi seuwu itu ya? Udah pernah loh bikin tulisan tentang dia, bahkan sudah dibaca oleh yang bersangkutan. Tapi kok ya dia ga sadar juga kayak Milly sih? Apa dia lagi eror? Mungkin.

Komentar