PPTJ by Abdur Arsyad (Sejuta/10) - Pahlawan Perlu Tanda Jasa

Setelah sekian lama mendambakan untuk punya dan menonton karya Abdur Arsyad, akhirnya aku dimampukan membeli salah satu digital download-nya di Comika.id di awal bulan April 2024. Padahal sudah sejak lebaran dua tahun lalu aku ingin sekali punya digital download komika yang aku senangi, kemudian tahun lalu ingin sekali digdown-nya Bang Abdur, sampai di tahun ini terwujud.

Begini, begini. 

 


Kenapa Abdur?

Tentu saja aku kenal Abdur sedikitnya karena dia satu musim SUCI Kompas TV dengan Praz Teguh, dan memang aku menyukai kesenian itu. Entah apa yang mentriggerku, aku jadi semakin banyak mengikuti kesenian itu meskipun aku tidak berani berkecimpung di sana selain menjadi penonton. Pernah mencoba sekali dua kali, tetapi itu memalukan dan cukup bagiku untuk mencoba. 

Selain Abdur, banyak komika lainnya yang aku idolakan tentu saja aku senangi di komunitas Stand Up Indonesia itu. Sebutlah Dicky Diffie, Oki Rengga, dan banyak lainnya yang aku relakan waktuku mengikuti konten-kontennya di youtube.

Abdur kujadikan nama pertama yang akan aku sebutkan kalau orang bertanya siapa komika favoritku. Sebab di masa pandemi yang kita kurang hiburan dan ribet untuk ini itu, aku disuguhkannya konten lucu tapi berisi bahkan bisa disebut aku butuhkan untuk imanku. Alhamdulillah sekali. 

Padahal yang dia sampaikan adalah apa yang sudah pernah diceritakan guru ngajiku dulu waktu kecil, tapi disajikan olehnya adalah sesuatu yang sangat berbeda. Sejak itulah aku tetapkan hati kalau dia punya special show di Kota Padang atau pun kota lain yang mampu kudatangi, aku akan menyaksikannya langsung. Makanya tuh selalu kepikiran digital download adalah jalan pintasku untuk bisa menyaksikan special show beliau ini. 

Oh iya, satu hal lagi yang kusuka dari Bang Abdur adalah dia dan istrinya punya vibes yang sama. Mungkin karena sama-sama suka membaca dan menulis. Setara dengan melihat Praz Teguh dan Kak Ayi kalau sedang bernyanyi bersama. Keren deh udah pokoknya.

Digital Download ‘Pahlawan Perlu Tanda Jasa’

Alhamdulillah akhirnya punya rejeki sedikit untuk kemudian membahagiakan diri sendiri dengan membeli digital download dari special tour Abdur Arsyad. Meskipun harus memilih salah satu dari tiga karyanya yang tersedia di comika.id website resmi penjualan digital downloadnya. Aku yang anak guru ini akhirnya memantapkan hati ke PPTJ karena di sanalah Abdur membahas tentang dunia pendidikan yang makin hari makin menyebalkan ini. 

Aku mau kasih Sejuta/10 untuk digital download ini.

Berkali-kali tawa getir mengikuti setiap bit yang nyaris menjadi fakta tapi nyelekit di hati, tapi lucu. Gimana tuh konsepnya? Dia menertawakan hampir semua keluh kesah kita tentang pendidikan. Bahkan tidak jarang mungkin ada dalam pikiran kalian pula apa yang dikeluhkan lucu oleh Abdur sepanjang kurang lebih dua jam itu. 

Dia yang sudah S2 pendidikan matematika menegaskan kalau banyak yang tidak paham matematikan di luaran sana tetapi sukses-sukses saja. Gongnya bagiku adalah bit tentang Dajjal dan Nabi Isa. Itu sangat amat logis tapi kehadiran tokoh-tokoh yang telah mendahului kita dalam bit tersebut membuat bagian cerita itu adalah yang terkocak bagiku. 


Cerita panjang yang terasa singkat sekali karena begitu mudahnya setiap kemunculan bit-bit barunya berterima dengan logika dan khayalan. Campur baur yang sempurna. Dia yang mengeluhkan sejarah sebuah kata juga harus jadi favoritku karena aku sendiri bagian dari anak bahasa. Bisa-bisanya dia kepikiran untuk riset begitu dalam untuk bit itu.

Pertunjukan yang sangat worth it untuk ditonton dan dinikmati. Alasan baru untuk bisa mengumpulkan uang kembali untuk bisa membeli Re-Write & Black Camping yang ada di website Comika.

Teruntuk Bang Abdur Arsyad..

Teruntuk kamu Bang Abdur, terima kasih sudah mewujudkan semua keluh kesah banyak orang dan mengajak diskusi secara tidak langsung dengan sangat menyenangkan dalam PPTJ. Sampai berjumpa di salah satu special show-mu nantinya yang sudah di set sampai tahun 2030.

Aku mendoakan semoga kepenulisanmu untuk setiap show selalu dipermudah dan dibantu sama Allah. Dan semoga salah satunya itu akan juga singgah di Kota Padang dengan Praz Teguh dan Rin Hermana sebagai openermu. See you! 


 [Pict by IG @abdurarsyad]


Komentar